Sunday, June 21, 2015

MEMANTAU KEHAMILAN : MINGGU KE-14 SAMPAI MINGGU KE-19

MINGGU KE-14


Pada tahap ini, jantung janin sudah mampu memompa beberapa liter darah ke seluruh tubuh mungilnya setiap hari. Ia sudah bisa mengatur gerakan nafas walau masih memperoleh oksigen dari plasenta yang disalurkan melalui tali pusat. Panjang bayi kin 9 cm. Selama trimester kedua kehamilan ini, tubuh ibu hamil lebih nyaman dan leluasa beraktivitas, termasuk melakukan senam hamil. Namun, jangan berlebihan, karena tubuh masih menyesuaikan dengan kondisi kehamilan. Bila ibu hamil rutin melakukan latihan yang benar dan makan makanan bergizi seimbang, hal ini memudahkan tubuh kembali ke bentuk semula setelah melahirkan.


MINGGU KE-15
Saat perut ibu hamil makin membuncit, panjang janin juga bertambah menjadi 12 cm. Tulang-tulangnya mulai mengeras dan bulu-bulu halus (lanugo) mulai tampak padj kulitnya.


Ekspresi wajah janin mulai berbeda, karena otot wajahnya sudah berkembang dan alis mata mulai terbentuk. Ia mulai sibuk menghisap dan mengeluarkan cairan amniotik yang berfungsi membantu perkembangan paru-parunya, kakinya tumbuh lebih panjang dari lengannya, dan ia mampu menggerakkan tulang sendinya.

Memasuki minggu ke-15 kehamilan, perubahan hormon membuat ibu hamil mudah pilek dan sering meludah. Jangan khawatir, ini normal. Bahkan, ibu mungkin demam selama hamil, karena sistem kekebalan tubuhnya harus menyesuaikan diri menjaga janin dan tubuhnya sendiri. Namun, bila kondish ini terjadi, jangan sembarangan minum obat.



MINGGU KE-16
Pada minggu ke-16, panjang janin sekitar 15 cm, ia mempunyai kuku jari tangan dan kaki. Ia juga lebih aktif memutar kepalanya dan melatih ke-40 set ototnya. Walaupun kelopak matanya masih tertutup, namun ia dapat merasakan cahaya yang datang dari luar dunianya.


Mengidam biasanya identik dengan keinginan kepada makanan atau benda tertentu. Keinginan ini sebenarnya wajar asal tidak berlebihan. Pastikan ibu tetap mengonsumsi makanan sehat walauupun sedang ngidam. Selain makanan tertentu, ada ibu hamil yang mengalami PICA atau keinginan makan benda-benda yang bukan makanan, misalnya kelupasan cat dinding, tanah liat, atau sabun cuci. Ini sebaiknya jangan dituruti. Tanda-tanda ngidam ialah nafsu makan menurun, mual dan muntah. Namun, beberapa bulan kemudian nafsu makan kembali membaik.

Selama hamil, mata ibu akan terasa kering dan gatal karena peningkatan hormon. Obat tetes mata dari dokter mengatasi ini. Sebaiknya ganti lensa kontak dengan kaca mata selama kehamilan.

MINGGU KE-17
Pada minggu ke-17, panjang janin mencapai 17 cm. Ginjalnya mulai berfungsi baik, dan mulai buang air kecil beberapa kali sehari. Urine janin disaring kembali oleh tubuh ibu hamil melalui plasenta. Pendengarannya sudah jauh lebih baik dan bisa merespons suara ibunya.


Sembelit yang dialami saat usia kehamilan semakin besar memang menyakitkan. Namun, makanan berserat tinggi seperti buah dan sayur bisa mengatasinya. Mengonsumsi semangkuk sereal yang dicampur buah saat sarapan bisa jadi pilihan. Jangan lupa, banyak minum juga menghindari sembelit.

Selain mempengaruhi gairah pada ibu hamil, perubahan hormon selama kehamilan juga membuat jaringan-jaringan dalam tubuh melembut, termasuk gusi. Sesuaikan kondisi ini dengan memilih sikat gigi yang lembut. Namun, jika gusi sampai bengkak dan berdarah, konsultasikan ke dokter.


MINGGU KE-18
Kini, panjang janin mencapai 18 cm. Ia mulai terbiasa tidur dan semakie sering bergerak. Serangkaian sidik jari yang unik terbentuk pada jari tangan dan kakinya. Jenis kelamin sudah bisa dibedakan dan terlihat di hasil USG.


Selama hamil, jantung ibu bekerja 40 sampai 50 kali lebih keras dari biasanya. Dan, besar kandungan yang makin menekan saluran darah, biasanya membuat ibu pusing. Cobalah beristirahat dan jangan terlalu cepat bangun dari tempat tidur. Makan camilan sehat seperti makanan dari gandum, buah atau sayur agar gula darah tetap stabil.

Gerakan pertama bayi antara minggu ke-16 sampai minggu ke-20 akan ibu rasakan begitu lembut karena bayi ibu masih sangat kecil. Gerakan lembut ini kadang terasa seperti dalam perut ada kupu-kupu.

MINGGU KE-19
Saat ini, indera pengecap janin berkembang lebih baik, sehingga dapat merasakan rasa manis dari cairan amniotik dalam rahim, dan rasa itu juga memberi rasa nyaman dan tenang pada janin. Maka, ibu hamil perlu menjaga makanan yang baik dan bernutrisi semaksimal mungkin, serta tidak memperkenalkan makanan yang mengandung penyedap rasa dan pewarna makanan yang terbuat dari bahan kimia. Hal ini berguna mengajari janin memakan makanan yang alami tanpa adanya penyedap rasa yang kurang bagus untuk dikonsumsi. Pendengarannya sudah cukup peka terhadap suara dan panjang tubuhnya mencapai 19 cm.


Walaupun, ibu hamil disarankan akan sedikit tapi sering, bukan berarti ia boleh menyantap kue kering terus menerus. Sebab, jenis makanan ini tidak memberi nutrisi yang dibutuhkan ibu dan janin. Pilih makanan sehat seperti buah, sayuran, sereal, roti gandum yang ditambah sust, yoghurt, atau keju dalam menu sehari-hari.

Selamat! Saat ini, ibu memasuki trimester kedua kehamilan. Umumnya, ibu hamil merasakan panas di perut akibat perubahan hormon. Untuk mengatasinya, coba hindari makanan pedas, jus jeruk, cokelat dan kopi. Saat makan, kunyah makanan dengan baik. Walaupun, disarankan makan sedikit dan sering, tapi jangan makan menjelang tidur, supaya lambung punya waktu dalam mencerna makanan. Jangan lupa, minum air putih sangat membantu pencernaan. Bila perut masih terasa panas, coba minum segelas susu hangat.

No comments:

Post a Comment